Home ┬╗ Daftar Aplikasi Berbahaya Berisikan Malware

Daftar Aplikasi Berbahaya Berisikan Malware

Aplikasi Malware

PopTekno.com – Akhir – akhir ini banyak kasus malware pada aplikasi android yang bisa menguras uang pengguna. Berdasarkan laporan dari Trend Micro Research telah ditemukan aplikasi berisi malware yang melakukan penipuan dan menguras uang penggunanya.

Trend Micro Research merupakan perusahaan analisis ancaman yang salah satunya melakukan pencarian aplikasi yang berbahaya di ponsel.

Trend Micro Research menemukan dua keluarga Malware Android yang menargetkan para pengguna cryptocurrency hingga berbagai aplikasi keuangan yaitu

Malware CherryBlos

Malware ini disebarkan melalui promosi di media sosial, dan mengarahkan pengguna ke situs web phising yang membuat mereka mengunduh aplikasi yang mengandung malware. Malware CherryBlos mencuri kredensial crypto dan mengubah alamat yang digunakan untuk proses penarikan uang.

yang sudah ditemukan 4 aplikasi dengan malware CherryBlos ditemukan dan dihosting di berbagai situs web antara lain chatgptc.io bernama GPTalk, happyminer.com bernama Happy Miner, robot999.net dengan label Robot 999, dan synthnet.ai dengan nama SynthNet.

Malware ini menggunakan OCR untuk mengidentifikasi frasa mnenomik potensial. Namun, aplikasi bernama Synthnet yang dibuat oleh pengembang yang sama ditemukan di Google Play Store, tetapi tidak memiliki malware.

FakeTrade

Faketrade ini memancing korban untuk mengunduh aplikasi penghasil uang yang diklaim dapat meningkatkan pendapatan melalui rujukan dan top-up, tetapi ketika pengguna tidak bisa menarik uang dari aplikasi.

Berikut daftar nama aplikasi berisi malware tersebut:

  1. AMA
  2. BBShop
  3. Canyon
  4. Domo
  5. Envoy
  6. Fair
  7. FIRETOSS
  8. Gobuy
  9. GoDo
  10. Goshop
  11. Huge
  12. Koofire
  13. Leefire
  14. Moshop
  15. NtBuy
  16. Onefire
  17. Papaya
  18. Saya
  19. Smartz
  20. Upwork
  21. WebFx
  22. Youtech

Buat kalian pengguna Android untuk lebih berhati – hati dan waspada setiap melakukan transaksi online.